Minggu, 24 Februari 2013

ARTI VICTORIA CONCORDIA CRESCIT


VICTORIA CONCORDIA CRESCIT Adalah sebuah kata-kata yang identik dengan Arsenal, kata-kata itu mungkin tidak berharga dibenak fans tim lain tapi tidak dengan fans Arsenal. Makna itu adalah bagian dari hidup fans arsenal, dan filosofi yang berharga lebih dari apapun.

Victoria Concordia Crescit berarti “kemenangan berawal dari sebuah keharmonisan” untuk apa kita mendapatkan sebuah kemenangan dan segalanya namun didalam diri kita tidak terdapat sebuah keharmonisan. Berapa banyak gelar yang didapat tim lain namun mereka tidak memenangi keharmonisan didalam timnya. Arsenal memenangi pertandingan juga dengan memenangi hati para fans setianya dengan menunjukkan filosofi sepak bola yang cantik dan menghibur.

Memang kenyataannya Arsenal tidak memenangi banyak gelar beberapa musim belakangan, karena Arsenal tidak terdiri dari banyak bintang yang luar biasa. Arsenal tidak berisi bintang-bintang yang berharga selangit yang memiliki pengalaman luas! Arsenal hanya terdiri dari kumpulan anak muda yang masih doyan nongkrong atau bermain-main dengan canda karena usianya. Namun kumpulan anak muda ini punya visi yang kuat karena semua itu sudah ditanamkan sejak dini oleh wenger sehingga mereka menjadi pemain yang luar biasa dengan bakat yang mereka miliki. Mereka bermain dengan hati dengan keharmonisan sehingga ketika kalah mereka tetap menegakkan kepala dan kembali bangun lagi untuk laga selanjutnya, inilah membuktikan jika jiwa mereka sudah kuat tidak lagi seperti pemuda yang labil.

Wenger memang selalu dikecam dengan keputusannya menggunakan banyak pemain muda dan tidak menghiraukan untuk pembelian pemain bintang dengan harga selangit karena wenger tahu yang terbaik untuk klub. Tapi lihatlah apa yang bisa dilakukan oleh anak-anak muda Arsenal mereka bisa bicara banyak meski mereka baru dalam level sepakbola yang luar biasa, mereka bisa bertahan di liga primer, mereka bisa tampil diliga champions, mereka bisa mengandaskan tim-tim yang memiliki banyak pemain bintang. Apalah artinya kemenangan tanpa keharmonisan.

Victoria Concordia Crescit, tidak mengandalkan uang yang berlimpah untuk mendapatkan segalanya!!

Arsenal fans, till I die!!
Go ARSENAL!!

Tidak ada komentar: