Rabu, 05 September 2012

FILM SERDADU KUMBANG


Amek, acan, dan Umbe adalah tiga anak sumbawa yang bersahabat. Meskipun mereka hidup dalam serba kesederhanaan dan kekurangan, namun mereka masing-masing punya cita-cita. Di antara mereka bertiga, hanya amek yang tidak berani menyebutkan cita-citanya apa? Ketika ditanya oleh gurunya disekolah, ia memilih diam tanpa jawaban.
Bukan tanpa alasan amek melakukan hal tersebut. Amek yang memiliki bibir sumbing memilih diam karena takut diejek karena ia sadar betul dengna kekurangannya. Amek sebenarnya adalah anak yang baik hanya dirinya saja yang memiliki sifat introvert, keras hati dan cenderung jahil hingga sering dihukum oleh guru-gurunya disekolah.
Berbeda dengan kakaknya, minun yang menjadi kebanggaan sekolah, keluarga, dan masyarakat karena selain juara kelas di SMP dan menjuarai lomba matematika se-kabupaten. Minun sangat menyayangi amek yang sering diejek teman-temannya karena bibir sumbingnya.
Namun yang paling terpenting bagi mereka semua adalah bagaimana caranya agar bisa lulus ujian nasional. Beruntung mereka punya seorang guru yang sangat baik hati mengajarkan mereka di luar jam pelajaran sekolah. Dengan gigih mereka belajar, belajar, dan terus belajar untuk menghadapi ujian yang kerap menjadi momok menakutkan bagi pelajar indonesia itu. Sampai hari pengumuman keluusan pun tiba, dimana minun gagal lulus dalam ujian. Minun yang sedih pergi mendatangi pohon dimana semua anak-anak kampung menitipkan cita-citanya dalam botol dan menggantungkannya. Dia ingin mengambil kembali cita-citanya yang gagal dia capai. Naas memang minun terjatuh dan akhirnya mennggal, amek sangat terpukul dengan apa yang terjadi. Amek jatuh sakit tak sanggup menahan sedih ditinggal oleh kakak yang sangat ia sayangi.

Tidak ada komentar: