Rabu, 16 Januari 2013

BARANG BUATAN INDONESIA YANG MENDUNIA


Dengan semakin majunya teknologi ternyata Indonesia yang belum tergolong Negara maju bisa menciptakan barang yang mendunia, yang diakui oleh Negara-negara maju. Mereka mepercayakan Indonesia untuk memproduksi barang-barang yang mendunia itu. Dengan begitu kita bisa sedikit bangga dengan semua usaha yang telah dilakukan orang-orang tersebut untuk memajukan Indonesia perlahan walau belum sepenuhnya mampu bersaing dengan Negara-negara lain. 

Disaat kita semua bangga menggunakan produk luar ternyata produk kita banyak digunakan oleh orang-orang luar. Agar kita mampu bersaing seharusnya kita bangga dengan produk sendiri dan mengurangi menggunakan produk luar karena produk dalam negeri juga tidak kalah baik dari produk luar. Inilah beberapa barang yang diproduksi didalam negeri yang dipakai oleh orang luar:

Seragam NATO atau pakta pertahanan altantik utara adalah buatan Indonesia. Ini membuktikan jika produk tekstil Indonesia sudah memenuhi standar kualitas dunia karena NATO saja mempercayakan seragamnya Indonesia yang membuat. Secara tidak langsung kita ikut andil dalam keamanan dunia walaupun tidak secara langsung namun kita ikut dalam memproduksi seragam yang digunakan oleh para tentara NATO. Seragam ini diproduksi oleh sebuah perusahaan yang bernama PT Sritex, di solo. Jadi tidak ada salah jika kita menggunakan pakaian dalam negeri karena kualitas tekstil Indonesia sudah diakui oleh dunia. Mari gunakan produk asli Indonesia.

Boneka yang paling disenangi oleh para anak perempuan ini bernama BARBIE, siapa yang tidak mengenalnya. Boneka ini pertama dikenalkan di amerika pada tahun 1959 dan sejak saat itu boneka ini menjadi boneka terlaris yang paling disenangi oleh seluruh anak perempuan didunia. Tapi siapa yang menyangka bila Indonesialah yang menjadi tempat produksi boneka terlaris ini. Sebenarmya boneka asli amerika ini bukan hanya ada diindonesia saja tempat produksinya, ada satu tempat lagi yang berada dicina namun hanya dua tempat ini saja yang menjadi tempat produksi boneka terlaris didunia ini. Pabrik yang memproduksi boneka ini letaknya ada di Jababeka, Tangerang. Dari Tangerang untuk dunia, ini adalah hal yang membanggakan untuk kita.

Produk selanjutnya yang patut kita banggakan adalah Airbridge Bandara, mungkin kita sudah mengetahuinya karena kita sudah sering menggunakannya. Airbridge merupakan tangga belalai yang digunakan dibandara-bandara dunia sebagai tangga untuk menaikkan penumpang pesawat ke dalam pesawat. Airbridge pertama kali diproduksi oleh PT BUKAKA di Indonesia. Dan sekarang barang ini sudah mendunia dimanapun kita bisa menemukannya, walaupun kini bukan hanya Indonesia yang memproduksi tapi kita patut bangga karena barang ini pertama kali kemunculannya Indonesia yang membuat. 

Saat mendengar kata marcedes benz maka kita akan langsung terpikir kepada orang-orang menengah atas saja yang memilikinya. Memang begitulah ada hanya orang-orang menengah atas Indonesia dan dunia saja yang menggunakan mobil ini. Kenapa ada marcedes benz dalam tulisan ini? Karena knalpot mobil terkenal asal jerman ini diproduksi di Indonesia. Purbalinggalah yang menjadi tempat beruntung yang memproduksi sepenuh knalpot untuk merek mobil tertua didunia ini. Mobil sekelas marcedes benz saja mempercayakan produksi knalpotnya kepada Indonesia jadi jangan timbulkan keraguan dalam diri kita untuk juga mempercayai seluruh produksi untuk kita gunakan pada anak-anak Indonesia yang hebat dan kreativ.

Seorang pria Indonesia yang jenius dan cerdas bernama Singgih Susilo Kartono berhasil menciptakan sebuat radio yang sudah mendunia. Sebuah radi kayu asli Indonesia yang sudah menggapai pasar hingga ke jepang, finlandia, amerika serikat, prancis, dan inggris ini jelas membuat bangga sang pembuatnya begitu juga kita. Radio yang diberi nama magno ini tergolong unik karena produknya di finishing dengan minyak kayu bukan pernis. sang pencipta Magno, memiliki keinginan agar mengeliminir budaya pakai buang agar tercipta koneksi antara produk dan pemilik. Jadi bukannya hanya sekedar mengejar keuntungan namun sang pembuat magno ini juga ingin memunculkan sebuah budaya positif, sedangkan untuk harganya radio ini dimulai dari harga 200 hingga 300 dollar amerika perbuah.

Untuk penggemar olahraga sepeda siapa yang tidak mengenal satu merek ini, yaitu polygon mungkin tidak ada yang tidak mengenalnya. Karena sepeda yang mulai diproduksi sejak tahun 1989 di sidoarjo ini kini sudah mendunia, walaupun sejak 1991 baru memasuki pasar Malaysia,singapura, dan Australia namun cukup membanggakan karena pasar sepeda ini sudah bisa go international. Sepeda ini diproduksi oleh PT Insera Sena yang asli Indonesia. Beberapa jenis sepeda yang diekspor keluar negeri adalah jenis mountain bike cosmic dan colossus yang banyak diminati oleh orang-orang luar negeri.

Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia atau MITI yang bekerja sama dengan CTech Laboratory telah berhasil menemukan alat pembasmi kanker otak. Cara kerja alat pembasmi kanker otak ini adalah dengan menerapkan metode listrik statis, dan sudah diujikan oleh penderita kanker otak kecil. Setelah di aplikasikan selama 2 bulan, pasien tersebut dinyatakan sembuh total. Metode radiasi listrik statis berbasis tomografi ini, sepenuhnya hasil karya anak bangsa Indonesia yang akan menjadi terobosan dalam dunia kedokteran di dunia. Ini adalah karya anak bangsa yang paling membanggakan, Indonesia juga ikut andil untuk dunia kesehatan dunia. Maka sepatutnya kita berterima kasih kepada mereka yang sudah mengharumkan nama Indonesia ke dunia.

Kini kita harus mulai menghargai produk anak bangsa tidak lagi sekedar membanggakan produk luar yang kualitas lebih kurang sama dengan produk anak negeri. Seandainya kita ingin melihat Indonesia Berjaya di dunia international maka sejak kinilah kita harus mempercayai Indonesia bisa dengan tidak lagi meragukan hasil ciptaan anak-anak bangsa.

Dari: on the spot

Tidak ada komentar: