Rabu, 02 Januari 2013

TEKNIK INFORMATIKA




 Apa itu Teknik Infromatika adalah salah satu jurusan yang terdapat pada Fakultas Teknik, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (FTMIPA) di Universitas Indraprasta PGRI. Sudah beberapa bulan ini saya menjalani perkuliahan pada jurusan Teknik Informatika ini. Banyak pelajaran baru yang saya dapat namun tidak jarang juga kami hanya mengulang pelajaran yang dulu pernah kami pelajari sebelumnya. Kuliah itu sudah tidak lagi seperti sekolah, dosen sering mengatakan jika kami ini adalah mahasiswa, siswa yang sudah maha jadi tidak harus lagi sama cara mendidiknya dengan siswa-siswa biasa. Cara mendidik kamipun sudah serba maha, jika disekolah-sekolah dulu kita harus mendengar, menulis, mengerjakan tugas, jika semua itu tidak dikerjakan maka kita akan mendapatkan hukuman. Tapi sekarang semua itu bukan lagi berdasarkan perintah namun sudah menjadi inisiatif masing-masing mahasiswa, bila ingin mengerti maka dengar, catat, dan kerjakan tugas. Semua bergantung pada diri sendiri tidak lagi seperti saat-saat sekolah.

Teknik Informatika bukan hanya sekedar jurusan yang mempelajari komputer sekedar komputer saja akan tetapi jurusan ini lebih pada pengembangan diri kita agar menjadi lebih dari orang lain untuk pengetahuan komputer dan informatika lainnya. Kami lebih dibawa pada pembuatan program-program bukan sekedar mengenal internet saja. Kami dibentuk untuk menciptakan bukan menggunakan, jadi jelas sekali orang-orang yang masuk dijurusan ini adalah orang-orang yang yakin dirinya kreatif dan memiliki kemampuan untuk bisa menciptakan program bukan menggunakan. Jurusan ini jelas menjadi jurusan yang istimewa karena dijurusan inilah jurusan yang tidak akan mati sampai kapanpun, jurusan inilah jurusan yang akan selalu berkembang dari setiap waktunya. Selama teknologi informasi tidak berhenti berkembang maka selama itu pula jurusan ini akan terus berkembang, jadi jurusan ini adalah jurusan yang teristimewa,jurusan yang tidak hanya diam ditempat dan mempelajari itu-itu saja tapi lebih pada pengembangan.

Jurusan Teknik Informatika juga merupakan jurusan yang memiliki mahasiswa yang paling banyak peminatnya. Dari sekian banyak mahasiswa yang mendaftar sekitar 25%nya memilih jurusan yang saya juga memilihnya. Pada semester pertama ini saya menjalaninya dengan sedikit berat karena ada beberapa hal yang menganggu pikiran namun semua itu berhasil saya lewati, jika tidak maka nantinya akan menjadi sebuah masalah yang panjang dan tidak akan pernah usai. Kesabaran dan ketekunan menjadi kunci untuk tetap berada di jurusan ini, apalagi ketika kita masuk pada mata kuliah pemrograman hal terpenting yang menjadi kuncinya adalah ketelitian, setiap tanda yang ada harus diletakkan pada tempat yang benar karena jika tidak program yang ingin kita jalankan akan gagal. Jadi ketelitian amatlah penting untuk mata kuliah ini.

Banyak teman yang bertanya seperti apa kuliah di jurusan teknik informatika? Jawabannya adalah sama saja dengan jurusan lainnya. Banyak yang mengatakan jurusan ini sangat sulit karena harus benar-benar menguasai matematika, ada juga yang mengatakan menyenangkan. Untuk saya pribadi jurusan ini awalnya menjengkelkan karena kita harus berhubungan dengan matematika bukannya komputer tapi setelah mengerti akan kemana dibawanya jurusan ini akhirnya saya berusaha menyukainya, seorang dosen pernah mengatakan ‘bagaimana kalian bisa menguasai pelajarannya jika nama dosennya saja tidak kenal?’ jadi bagaimana kita bisa menguasai jurusan ini jika kita sendiri tidak berusaha mengenalnya, dengan tidak kenal maka tidak akan ada saying, tak saying maka tidak akan tumbuh cinta. Kenapa harus cinta? Karena dengan cinta segalanya menjadi bisa, bila kita sudah mencintai jurusan ini maka kita akan terus ingin tahu tentang segalanya, setelah kita ingin tahu segalanya nantinya secara tidak langsung akan banyak hal baru yang kita ciptakan. Tak kenal maka tak cinta itu adalah benar adanya. Jadi dimanapun jurusan kita jika kita menekuninya dengan hati maka segalanya akan menjadi mudah, segala hal akan menjadi mudah bila kita mengerjakannya tanpa sebuah paksaan.



Tidak ada komentar: