Jumat, 04 Januari 2013

TAQWA, PAKAILAH BAJU TERBAIK!

"jika kamu menemukan jalan yang penuh dengan pecahan kaca apa yang akan kamu lakukan?" itulah sebuah perumpamaan takwa. Jika kita menemukan jalan seperti itu dan kita ingin cepat sampai maka kita harus berhati-hati dalam melangkah agar tidak terkena pecahan kaca tersebut. Kita tidak harus menghindar dan mencari jalan lain yang jauh memutar tapi kita hanya perlu berhati-hati saja dengan begitupun kita juga akan sampai ke tempat tujuan. Hidup itu adalah nyata karenanya kita harus melalui segalanya dengan kenyataan yang ada.

"menjalankan perintahnya dan menjauhi segala larangannya  " ini adalah sebuah sikap yang menjadi keputusan kita dalam hidup jika kita ingin mendapatkan balasan yang setimpal diakhirat nanti. Pertanyaannya sudahkah kita melakukan apa yang sudah dipaparkan diatas tersebut. Terkadang kita melupakan kata-kata tersebut disatu waktu kita begitu menyadari bila kehidupan ini begitu sementara namun diwaktu yang lain kita begitu lupa bila dunia ini bukanlah tempat hidup untuk selamanya, karena yang kekal itu adalah akhirat. Untuk menjalani perintahnya bukanlah hal yang sulit tapi sangat memberatkan kehidupan kita, sedangkan menjauhi larangannya hal yang berat untuk kita namun menyenangkan bila dilaksanakan. Apa sebenarnya tujuan hidup kita? apakah hanya sekedar dunia? ataukah ingin mengutamakan akhirat? atau kita tidak pernah memiliki tujuan dari hidup kita? orang yang bertakwa itu adil atas segala hal dia tidak mengutamakan salah satu namun senantiasa menyeimbangkan segalanya. Memiliki kenikmatan dunia dan mengutamakan kebahagiaan akhirat begitulah sebaiknya tujuan hidup kita. Dengan memiliki dunia bukankah kita bisa mengamalkannya untuk mendapatkan akhirat, dengan memiliki dunia kita bisa menjadi orang yang rendah hati dan berbuat baik pada sesama. Menjadi seseorang yang mudah memaafkan kesalahan orang lain juga merupakan wujud dari takwa.

"takwa itu ibaratnya baju kita!" jadi semakin bagus baju kita maka semakin enaklah dipandang oleh orang banyak. Tapi takwa bukanlah aksesoris yang menjadikan diri kita sombong karena dipandang mulia dimata orang namun baju bagus tersebut membuat kita semakin rendah diri dan lebih menginspirasi mereka untuk menjadi lebih baik daripada kita. bila kita menggunakan baju yang bagus apapun yang ingin kita lakukan kita akan membawa percaya diri yang tinggi dan tidak mudah putus asa, jika seseorang sudah memiliki takwa maka dia akan menjadi pribadi yang memiliki daya juang tinggi dan mudah dalam mencapai segala tujuannya karena dia percaya dan yakin bila tuhan akan mengabulkan segala hal di lakukan dengan kerja keras tidak dikurangi dengan doa yang terus-menerus setelah itu menunggu hasilnya dengan pasrah namun tetap pada usaha dan doa.

"marilah kita tingkatkan takwa kita" begitulah sebuah kalimat disetiap khotbah jumat yang saya dengar, jadi setiap minggunya kita terus-menerus diajak untuk meningkatkan takwa kita. Jelas sudah  hadits yang mengatakan"Barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik daripada kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Barangsiapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Barangsiapa yang harinya sekarang lebih jelek daripada harinya kemarin maka dia terlaknat" 
jadi jelas ajakan diatas adalah sebuah ajakan kebaikan yang jangan pernah kita menolaknya, hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Kenapa? karena dengan begitu kita akan terus meningkatkan diri kita menjadi pribadi-pribadi terbaik didunia ini, untuk takwa kita setiap minggu atau bahkan setiap harinya bila kita berhasil meningkatkannya maka kita akan menjadi orang-orang yang beruntung. Bila hal tersebut kita terapkan pada etos kerja kita maka kita akan bisa menggapai dunia karena kita akan melakukan segala halnya lebih baik dari hari kemarin. Karena itu kerja keras selalu akan berbuah keberhasilan dengan Izin Allah SWT, kita bisa melakukannya. Amien!!

Ujung dari segala hal yang ada didunia ini kembali kepada diri kita masing-masing mampukah kita menghadapinya dan menjalankannya, karena dengan begitu kita akan tahu hasinya. Tidak ada salahnya kita mencoba karena dengan mencoba kita akan tahu hasilnya, bila tidak mencoba kita tidak akan pernah tahu segalanya!!!!

#sebuah pelajaran berharga dihari terakhir bersama dosen Agama, membangkitkan diri yang lemah dalam menjalani kehidupan. Bila ada yang salah tolong dibenarkan!!

Tidak ada komentar: